Jembatan Balerang Batam

Jembatan Barelang merupakan jembatan kebanggaan warga batam,Bagi anda yang sudah pernah ke batam tentunya anda mengenal jembatan ini,karena jembatan yang satu ini selain penghubung antar pulau juga merupakan salah satu tempat yang di jadikan warga batam yang notabene pekerja sebagai sasaran berwisata kala libur tiba.Dan katanya nih,apabila anda sudah pernah ke batam tapi belum pernah melihat jembatan barelang itu berarti anda belum sampai ke batam.

Jembatan barelang di lihat dari atas 
                         
Nama Barelang sendiri merupakan singkatan dari BAtam, REmpang, dan gaLANG.Jembatan Barelang merupakan jembatan yang menghubungkan pulau-pulau yaitu Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru.

Jembatan barelang terdiri dari enam jembatan yang di satukan oleh jalan raya .Keenam buah jembatan Barelang tersebut terdiri dari:

Jembatan Tengku Fisabilillah (jembatan I), jembatan yang terbesar
Jembatan Nara Singa (jembatan II)
Jembatan Raja Ali Haji (jembatan III)
Jembatan Sultan Zainal Abidin (jembatan IV)
Jembatan Tuanku Tambusai (jembatan V)
Jembatan Raja Kecik (jembatan VI)

                                    Jembatan barelang I-VI 

Jembatan barelang dibangun tahun 1992 atas prakarsa Bapak BJ Habibie yang saat itu menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi.Pada awalnya jembatan barelang dikenal dengan jembatan Habibie. Namun sekarang lebih di kenal dengan Jembatan Barelang.Total keseluruhan jembatan Barelang adalah sekitar 2264 Meter, dengan perincian Jembatan 1 sekitar 642m, jembatan 2 sekitar 420meter, jembatan 3 sekitar 270 meter, jembatan 4 sekitar 365 meter, jembatan 5 sekitar 365 meter dan jembatan 6 sekitar 180 meter.

                                     Barelang malam hari 

Jadi apabila anda suatu saat singgah di pulau batam ini jangan lupa untuk sejenak melihat Jembatan Primadonanya Batam ini.